19 Jenis Lokomotif Kereta Api yang Digunakan di Indonesia
1. BB204

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230HP,di Indonesia
sejak 1981 dan kecepatan maksimumnya 60km/jam.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.
2. CC202

lokomotif buatan General Motors Kanada ini merupakan
lokomotif terberat di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai
spesifikasi teknik dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api
barang. Lokomotif ini hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani
kereta api pengangkut batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP.
3. CC201

Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General
Electric. Memiliki Daya Mesin 1950 HP.
4. CC200

LOKOMOTIF CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang
dipesan pemerintah Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal
1950-an,dan memiliki tenaga 1750Hp
5. D300

Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan
pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
6. D301


Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan
pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962.
Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
7. BB306

Lokomotif BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang
dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap
digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari
Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun
80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan
dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang.
8. BB305 (Jenbach)

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan
pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
9. BB305
(CFD)

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik
generasi keenam yang dimiliki oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini
diproduksi di pabriknya CFD, Perancis. Lokomotif ini mulai dinas sejak
1978.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang.
10. BB304

Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan
pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa
digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang.
Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam.
11. BB303

Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan
pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam.
12. BB301

adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried
Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
13. BB300

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif
ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta
barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75
km/jam, buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas
sejak 1958.
14. BB203

Lokomotif BB 203 buatan General Electric adalah
lokomotif diesel elektrik tipe keempat (U18B) dengan transmisi daya DC –
DC yang mulai beroperasi sejak tahun 1978.
Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar Co’-Co’ dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan sebagai gandar penggerak.
Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar Co’-Co’ dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan sebagai gandar penggerak.
15. BB202

Lokomotif BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif
diesel elektrik tipe ketiga dengan transmisi daya DC – DC yang mulai
beroperasi sejak tahun 70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif
BB200 dan BB201 ataupun lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang
mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki hidung.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.
16. BB201

Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif
diesel elektrik tipe kedua dengan transmisi daya DC – DC yang sudah
dioperasikan sejak tahun 1964.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.
17. BB200

Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif
diesel elektrik tipe pertama dengan transmisi daya DC – DC yang sudah
digunakan di Jawa sejak tahun 1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
18. CC203

Lokomotif CC 203 buatan General Electric seri U20C
merupakan pengembangan desain dari lokomotif CC201,yaitu pada bentuk
kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis,serta diperlebar untuk
kenyamanan dan mengurangi penumpang liar.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150HP.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150HP.
19. CC204

Tidak ada komentar:
Posting Komentar